Menu baru di restaurant yang menyediakan tumis genjer - Warung Tekko Palembang

Tumis Genjer || Warung Tekko
SAYUR GENJER ADA DI WARUNG TEKKO!
Ini kali pertama saya berkunjung ke Warung Tekko Palembang, dan pertama kalinya juga saya mendengar kalau sayur favorit saya ada di restaurant mewah ini. Dulunya genjer sebatas tumbuhan liar di sawah dan dikonsumsi oleh itik. Namun kini ada petani dan pemasok yang membudidayakan genjer. Saya dari kecil sering sekali disayurin genjer sama mama, sampe-sampe jadi sayur favorit hingga sedewasa ini.

Orang kecil terbiasa mengolah bahan yang ada di sekitarnya, termasuk genjer atau paku rawan (Limnocharis flava). Sayuran ini cukup akrab dalam ekologi persawahan. Jadi, dulu ketika kami sekeluarga masih tinggal di Lampung Selatan akrab banget dengan tumbuhan satu ini, selain itu ada juga tumbuhan pakis. Selain genjer dan pakis, daun pepaya juga enak kalau ditumis. Jika bisa mengolahnya, tanaman tersebut tidak akan pahit ketika sudah jadi hidanngan sayur. Seperti genjer ini.

Tanaman ini mengandung nutrisi yang kaya, dari protein, lemak, karbohidrat, mineral dan juga vitamin. Genjer juga dikatakan kaya serat yang baik buat menjaga sistem pencernaan. Jika rajin mengkonsumsi sayuran ini bisa mencegah kanker dan sembelit. Daun dan bunganya juga berkhasiat menambah nafsu makan hingga cocok untuk konsumsi anak-anak atau remaja yang masih dalam fase pertumbuhan.

Genjer-Genjer. Beberapa masyarakat di Asia seperti Indonesia, India dan Thailand setidaknya biasa mengonsumsi tanaman sayur ini. Namun dalam kasus Indonesia, tanaman genjer dulu pernah identik dengan kemiskinan. Sayur genjer dianggap “sayuran orang miskin”. Saat sayuran lain mahal tak terbeli, genjer bisa diambil gratis di sawah-sawah.

Dan beberapa hari lalu saat saya menghadiri Blogger Gathering saya sangat bangga sekali dengan Warung Tekko ini ketika mas Sidik Kadarsyah – Marketing Manager Tekko menjelaskan  ternyata selama 11 tahun  sayur genjer ada di restro ini.

Dan sebenarnya bukan genjernya juga yang saya mau bagi disini, tapi di ulang tahun Tekko yang ke 11 ini mereka launch menu barunya.


BLOGGER GATHERING!
Hari minggu di penghujung Januari 2020, yang bertempat di warung Tekko Cabang Polda Jalan Basuki Rahmat No. 1-2 Palembang No Telp. 0711 419 913, Tekko Palembang menggelar Food Blogger, Travel Blogger, dan Influencer Gathering di lantai 2 restonya. Tidak Kurang dari 24 Blogger dan influencer hadir dalam acaranya. Selain bertujuan menjalin hubungan persahabatan/silaturahim juga memperkenalkan berbagai varian menu baru cita rasa asli Indonesia.

Saya sangat antusias saat pertama kali masuk ke Warung Tekko ini, gimana ngga. Saat pertama membuka pintu aroma khas menu makanan di Restro ini sudah menyebar kemana-kemana. Semakin kedalam tambah wah banget karena tempatnya yang kece. Langsung saja saya dipersilakan naik kelantai 2 oleh karyawan Tekko yang sangat ramah.

Acara belum dimulai, saya dan teman-teman lain keliling dulu explore Warung Tekko sembari menunggu yang belum datang. Ngobrol-ngobrol santai dan ga ketinggalan ootd. Lalu Singkatnya Manager Warung Tekko mulai membuka acara pada siang hari itu, diawali dengan sejarah Warung Tekko.



SEJARAH TEKKO!
Pertama mas Sidik Kadarsyah bercerita tentang sejarah Tekko dong. Dan kali ini saya juga baru tahu kalau Tekko ini artinya (datang), saya keturunan orang Jawa asli ya tau juga arti kata Tekko karena dalam sehari-sehari juga sering gunain. Yang saya gatau kalau Tekko arti resto ini juga Datamg wkwk Saya kira Tekko itu ya Tekko cerek karena mungkin ada sejarahnya. Eh ternyata Tekko (datang) di restaurant Tekko Palembang tak perlu khawatir maupun bingung mau makan apa? karena pilihan menunya sangat beragam, lengkap, dan sedap. 

Tekko Palembang ini selain tempatnya nyaman, bersih, Homey, cozy, plus Instagramable yang enak buat nongkrong asyik sambil menikmati menu – menu klasik. Sitting Capacity-nya menampung hingga 150 orang, terdiri dari ruang Indoor, khusus lantai 2 ada Indoor dan outdoor area yang diperuntukkan para perokok sisi out door-nya. Buat customer yang membawa Balita kami menyediakan Baby Chair untuk kenyamanan acara makan keluarga. 



PRESTASI TEKKO!
Pada tahu ga nih kalau Tekko Family Restaurant didirikan pada 29Januari 2009, pertama kali buka di Pantai Indah Kapuk. Hingga saat ini memiliki 46 cabang yang beroperasi di berbagai kota besar beberapa provinsi di Indonesia, JABODETABEK, Yogyakarta, Jambi, Palembang, Belitung & Batam. Tekko merupakan Restaurant keluarga, menyediakan menu – menu tradisional yang dapat dinikmati oleh anak – anak, remaja, dewasa dan orang tua. Tekko diambil dari dialek jawa yang artinya Datang. Prestasi yang di raihnya ada: Indonesia Digital Popular Brand Award 3 tahun berturut – turut 2017 – 2019, The Best Franchise Choice Award 2019, The Best Franchisee 2018, Restaurant Award 2018,dan Rising Business award 2017 dariTras n Co, FranchiseGlobal.com dan WALI.

Wah, sudah tidak bisa saya ragukan lagi dong ya. Selain ada sayur genjernya, terus udah buka cabang dimana-mana dan dengan prestasinya yang sangat banyak. Menu-menu disini jadi sangat menggugah selera makan saya siang hari itu. Terussss. Mas sidik nya mulai bercerita ke menu dan staff tekko lagi pada asyik siapin spot foto buat kita yang harum masakannya terbang kemana-kemana buat saya makin laper tauk!


 MENU UNGGULAN DI TEKKO!



Jadi Semua masakan yang dihidangkan sehari-harinya adalah masakan– masakan tradisional rumahan khas cita rasa asli Indonesia lo mulai masakan, Jawa, Sunda, Jogja, Sumatera, Sulawesi, termasuk Betawi, dan lainnya. Istimewanya semua menu olahan dari Iga menjadi menu unggulan dan favorit para pelanggan, mulai dari: Iga Sup, Iga Penyet, Iga Bakar Bumbu Kacang, Garang Asem Iga, Iga Cabe Ijo, Iga Goreng Tepung, hingga Konro Bakar Saus Madu. Begitu pun dengan menu ayam tak sedikit yang menyukai Ayam Penyet, Sate Ayam, serta Ayam Bakarnya.




Untuk menu Ikan, tersedia berbagai olahan seafood antara lain: Nila goreng dan Sup Ikan Nila, Pecak Nila, Bandeng Presto, Pindang Gurame, Gurame Asam Manis, Sup Ikan Tekko, Dori Crispy, serta Gulai Kepala Kakap. Tak lupa untuk penggemar menu sate, mereka dimanjakan dengan beberapa pilihan sate: Sate Ayam, Sate Padang, Sate Kambing, dan Sate Marangi khas Purwakarta. Dan untuk melengkapi variasi menunya, banyak pilihan tumisan sayur, SayurAsem, Soto Ayam, BaksoTahu, sampai Soto Betawi khas Jakarta. Bahkan sambil menunggu pesanan utama, customer dapat memesan menu pendamping/camilan, seperti: Tahu Pong,Tahu Gejrot, Jamur Crispy, Mendoan, dan Bakwan Jagung. Untuk mengusir rasa haus, Jangan khawatir, Tekko Palembang menyediakan berbagai pilihan minuman fresh, baik dingin maupun hangat, sampai minuman hangat berenergi seperti Teh Tarik.

Dan setelah kami explore seluruh menu dengan kamera kesayangan, taraaa selanjutnya boleh dicicip sama-sama ya. Dalam agama sebenarnya ga boleh kan ya makan kekenyangan, dan kali itu bukan kekenyangan kok rasanya ga kenyang-kenyang udah banyak sekali cicip makanan wkwk

Enak banget saya ga bercanda kalau soal rasa! Wajib kalian coba sekarang atau besok? Lusa? Weekend? terserah pokoknya mampir ya, dijamin kalian tidak akan menyesal.

Menu baru Tekko Palembang!
Ini yang ditunggu-tunggu, menu barunya itu lohhh menggugah selera makan banget. Bintang 10 pokoknya.
Jadi menu baru dari warung Tekko antara lain ada: Soto Ayam, Sate Padang, Ayam Bakar, Sup Ikan Tekko, Sup Ikan Nila, Pecel Sayur, Ketoprak, Fish Skin Cabe Garam, Ceker Ayam Crispy Cabe Garam, Mendoan, PecakNila, termasuk Bakso Tahu.
Bakso Tahu | Dokpri
Fish Skin Cabe Garam |Dokpri

Ketoprak  | Dokpri
Sate Padang | Paci
Pecel Sayur | Dokpri
Soto Ayam dan Mendoan | Dokpri

Sup Ikan Nila | Dokpri

Ayam Bakar | Dokpri

Pecak Nila | Dokpri
Sup Ikan Tekko | Dokpri
Promo Tekko!
Sementara itu selain promo menu – menu baru ada juga promo Kado Tekko dalam rangka sambut dan merayakan ulang Tahun Tekko ke-11 Tekko Pusat pada 29 Januari dan Ke-9 Tekko Cabang Palembang yang jatuh pada 31 Januari ini. Tentunya ulang tahun ini menjadi momen khusus karena berdekatan dengan momen Imlek. Cara mendapatan Kado Tekko-nya pun mudah sekali, dengan transaksi min Rp.250.000 sebelum pajak, lalu like fanpage Warung Tekko / Follow IG Tekko.official dan warung tekko palembang, para customer akan mendapatkan sebuah kalender cantik yang didalam berisi berbagai voucher menarik yang dapat digunakan setahun penuh dengan durasi dan voucher yang berbeda – beda tiap bulannya. Promo berlanngsung January – Februari 2020, selama persediaan masih ada.

 
 
Udah Tempatnya Instagramable!
Gimana-gimana? Mas dan mbanya yang suka spot-spot foto kece di Tekko juga gak ketinggalan kok. Tempatnya nyaman, berasa me time banget disini. Asik buat kumpul keluarga ataupun sahabat. Tidak kalah menarik dengan resto lain yang ada di Palembang. Masuk ke Tekko kalian akan disuguhkan warna cokelat yang menenangkan hati banget. Kalau di lantai 2 Tekko Palembang ini, ada tempat terbukanya. Tenang, aman kok buat mas nyah yang mau merokok. Tapi tetap harus ingat ya, merokok itu tidak sehat.
Tak hanya itu, bagi pelanggan yang memerlukan kebutuhan khusus, menu – menu tekko selain dapat dipesan ala carte makan ditempat, tersedia pula macam - macam Menu Paket, lunch/dinner box, sharing /set menu, untuk berbagai acara seperti acara Pribadi, Ultah, Gathering, Pertemuan, Presentasi, Launching Produk /presentasi, maupun Arisan.



Pokoknya sayang beudd sama cita rasa masakan dan hidangan Warung Tekko ini. Saya nyesal banget dong baru kali ini cobain makan di Tekko :(Tapi tetap sayur kesayangan tumis genjer slalu juara dihati saya, karena mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B, zat besi, fosfor, lemak, karbohidrat, dan zat gizi lainnya, genjer ternyata bisa menambah selera makan lho. Bisa sebagai lalapan setelah direbus sebentar, atau dijadikan tumisan bersama oncom dan leunca. Beuh, ditambah nasi panas, makan dengan tumisan genjer merupakan kenikmatan hakiki yang tak akan pernah terlupakan.

Kandungan protein dan zat besi yang ada pada genjer memiliki khasiat mengganti jutaan sel-sel kulit mati dalam tubuh sehingga kulit akan terlihat awet muda. Selain itu, genjer juga memiliki khasiat membantu proses penyembuhan luka pada tubuh. Proses regenerasi sel-sel kulit mati bisa dengan mudah tergantikan saat kamu rutin mengonsumsi genjer dengan takaran yang pas. Beneran, seius!



Jadi,
Kapan mau kesini?

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sayur Genjer, Makanan Wong Cilik yang Jadi "Berdosa"", https://travel.kompas.com/read/2019/09/30/180100427/sayur-genjer-makanan-wong-cilik-yang-jadi-berdosa?page=all.
Penulis : Nicholas Ryan Aditya
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F.
“Wong cilik terbiasa mengolah bahan yang ada di sekitarnya, termasuk genjer atau paku rawan (Limnocharis flava). Sayuran ini cukup akrab dalam ekologi persawahan,”

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sayur Genjer, Makanan Wong Cilik yang Jadi "Berdosa"", https://travel.kompas.com/read/2019/09/30/180100427/sayur-genjer-makanan-wong-cilik-yang-jadi-berdosa?page=all.
Penulis : Nicholas Ryan Aditya
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F.“Wong cilik terbiasa mengolah bahan yang ada di sekitarnya, termasuk genjer atau paku rawan (Limnocharis flava). Sayuran ini cukup akrab dalam ekologi persawahan,”

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sayur Genjer, Makanan Wong Cilik yang Jadi "Berdosa"", https://travel.kompas.com/read/2019/09/30/180100427/sayur-genjer-makanan-wong-cilik-yang-jadi-berdosa?page=all.
Penulis : Nicholas Ryan Aditya
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F.
“Wong cilik terbiasa mengolah bahan yang ada di sekitarnya, termasuk genjer atau paku rawan (Limnocharis flava). Sayuran ini cukup akrab dalam ekologi persawahan,”

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sayur Genjer, Makanan Wong Cilik yang Jadi "Berdosa"", https://travel.kompas.com/read/2019/09/30/180100427/sayur-genjer-makanan-wong-cilik-yang-jadi-berdosa?page=all.
Penulis : Nicholas Ryan Aditya
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F.Wong cilik terbiasa mengolah bahan yang ada di sekitarnya, termasuk genjer atau paku rawan (Limnocharis flava). Sayuran ini cukup akrab dalam ekologi persawahan,”

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sayur Genjer, Makanan Wong Cilik yang Jadi "Berdosa"", https://travel.kompas.com/read/2019/09/30/180100427/sayur-genjer-makanan-wong-cilik-yang-jadi-berdosa?page=all.
Penulis : Nicholas Ryan Aditya
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F.
ikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sayur Genjer Jadi Favorit, Seperti Apa Rasanya?", https://travel.kompas.com/read/2019/10/01/123000627/sayur-genjer-jadi-favorit-seperti-apa-rasanya?page=all.
Penulis : Yana Gabriella Wijaya
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F.
Dulunya genjer sebatas tumbuhan liar di sawah dan dikonsumsi oleh itik. Namun kini ada petani dan pemasok yang membudidayakan genjer.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sayur Genjer Jadi Favorit, Seperti Apa Rasanya?", https://travel.kompas.com/read/2019/10/01/123000627/sayur-genjer-jadi-favorit-seperti-apa-rasanya?page=all.
Penulis : Yana Gabriella Wijaya
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F.
Dulunya genjer sebatas tumbuhan liar di sawah dan dikonsumsi oleh itik. Namun kini ada petani dan pemasok yang membudidayakan genjer.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sayur Genjer Jadi Favorit, Seperti Apa Rasanya?", https://travel.kompas.com/read/2019/10/01/123000627/sayur-genjer-jadi-favorit-seperti-apa-rasanya?page=all.
Penulis : Yana Gabriella Wijaya
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F.
Dulunya genjer sebatas tumbuhan liar di sawah dan dikonsumsi oleh itik. Namun kini ada petani dan pemasok yang membudidayakan genjer.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sayur Genjer Jadi Favorit, Seperti Apa Rasanya?", https://travel.kompas.com/read/2019/10/01/123000627/sayur-genjer-jadi-favorit-seperti-apa-rasanya?page=all.
Penulis : Yana Gabriella Wijaya
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F.

22 komentar:

  1. Bacanya sambil nahan leper liatin foto-foto menunya. Oh ya, aku baru follow blognya Eka nih.

    www.inggitefridha.com

    BalasHapus
  2. Warung Tekko beneran kasih menu yang nggak biasa ada di restoran ya. Jadi ngangenin banget makan di sini. Pilihan menunya beragam!

    BalasHapus
  3. Baru tahu dari tulisan ini kalau Warung Tekko udah banyak dapetin penghargaan. Pantes segala sesuatu terjaga. Dari cita rasa makanan, service dsb. Semoga Warung Tekko makin berkembang, buka cabang lebih banyak amiiiin.

    BalasHapus
  4. Resto favorit keluarga saya. Makanan enak, pilihan banyan, suasana enak. Keren

    BalasHapus
  5. tempatnya cozy dan homy berasa ada di rumah. jadi nambah nafsu makan

    BalasHapus
  6. Kenyang bgt makan disini

    BalasHapus
  7. cuman ngelihat fotonya aja udah berasa laper, gimana kalo sudah didepan mata, beneran kalap ^-

    BalasHapus
  8. Sayur genjer kesukaan saya itu. Btw, di Warung Tekko ini banyak menu selera nusantara yang bakal memanjakan lidah kita ya. M

    BalasHapus
  9. Hasil fotonya nyus banget, Mba. Dan aku sama dg mbak, ngira tekko = teko minuman, bukan teko = datang. hahaha. Btw atmosfernya enak juga ni keliatannya.

    BalasHapus
  10. Aku baru 1 kali makan di Tekko dan itu juga ditraktir temenku. Akhirnya Tekko jadi restoran favorit aku tiap kali gak selera makan karna makanan di Tekko pasti bisa bangkitkan selera makan aku. Sate kacangnya beeeeuuh, gak tau bilang gimana enaknya.

    BalasHapus
  11. Baru aja hari minggu kemarin aku makan tumis genjer. Ternyata agak pahit ya. Tpi kata suamiku yg pahit itu bunganya. Tenryata di Palembang juga ada to. Kukira di jawa doang

    BalasHapus
  12. Menunya bikin laper dan ngiler. Kirain genjer-genjer cuma dikenal di Jawa. Aku awalnya gak tau lho ada tanaman genjer-genjer, awal tau dari lagu lawas yang judulnya genjer-genjer

    BalasHapus
  13. Gils foto-foto makanannyaaaa, bikin lapar XD
    Aku baru tau kalau genjer bisa disayur. Mungkin ga yah kalau aku masak sendiri dirumah??

    BalasHapus
  14. wah, menunya khas jawab banget mb. Pengen nyobain tuh menu tumis genjernya. Kalo boleh tahu harga menu disana kisaran berapa yak?

    BalasHapus
  15. Sayangnya jauh ya mbak, kalau deket langsung aku samperin deh soalnya aku juga suka banget genjer. Di pasar deket rumah saya hampir setiap hari ada sayur genjer dan saya suka menumisnya

    BalasHapus
  16. Nantinya saat aku main ke Palembang mau deh singgah di restoran ini. Salah satu penikmat sayur genjer nih, saat ibu masak di rumah aja selalu disantap lahap. MEnggoda banget kalo ada restoran yang sajikan menu tumis genjer begini.

    BalasHapus
  17. Ternyata resto di Palembang aja makai bahasa Jawa ya hehe. Bisa menampung banyak orang nih. Desain interiornya juga kece.. kayanya betah lama-lama nongkrong di situ. Fasilitasnya juga lengkap.. bAwa anak-anak balita nggak bingung karena ada high chair nya. Hmm.. kalau pas ke Palembang bisa nih jadi persinggahan kuliner.

    BalasHapus
  18. Wah paraaah menu2nya bikin laper bangeeet ini mah pas buat ngemanjain perut di makan siang. Akuuu juga suka makan tumis genjer kak apalagi kalau sama nasi putih panas waaah parah enaknyaaaaa, terus makannya itu harus pas gt gabisa kebanyakan biar tetep nikmat di akuuuh :D

    BalasHapus
  19. wah gak nyangka banget restoran Tekko sudah 1 dekade.. dan juga makanannya memang nikmat banget yaa

    BalasHapus
  20. Saya langsung googling dong tentang Genjer setelah selesai baca tulisan Mba Jadi penasaran bagaimana rasanya. Senang juga karena ternyata sudah ada di jabodetabek. Tugas selanjutnya, saya cari dulu nih lokasinya yang nggak terlalu jauh dari rumah.

    BalasHapus
  21. Hai Eka, foto makanannya cantikk banget, bikin mata gak mau berkedip :)
    Btw, Tekko ini juga ada di Yogya sih, tapi sayangnya aku belum pernah coba. Karena baca postingan ini jadi pengen suatu saat kulineran di Tekko juga.. Thx ya infonya.

    BalasHapus
  22. Waaahh, ternyata Tekko artinya datang ya, kirain teko poci tuk teh, heheh.
    Banyak banget ya menunya dan Indonesia banget pastinya ya. Senangnya bisa makan bareng gini :)

    BalasHapus

Tinggalkan jejak biar aku tahu kamu kesini ..